Home / Gaya Hidup Minimalis: Cara Sederhana Menuju Kehidupan yang Lebih Tenang, Masa Sih Gak Tertarik?

Gaya Hidup Minimalis: Cara Sederhana Menuju Kehidupan yang Lebih Tenang, Masa Sih Gak Tertarik?

May 13, 2024Blog

Gaya Hidup Minimalis: Cara Sederhana Menuju Kehidupan yang Lebih Tenang, Masa Sih Gak Tertarik?

Pernahkah gak sih kamu merasa terjebak dalam kehidupan yang penuh dengan kebisingan, kebingungan, dan kelelahan? Mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan gaya hidup minimalis. Ya, gaya hidup yang menekankan pada kesederhanaan, efisiensi, dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Banyak orang telah beralih ke gaya hidup minimalis dan menemukan bahwa hal itu membawa kebahagiaan dan kedamaian yang lebih besar dalam hidup mereka. Mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu gaya hidup minimalis dan bagaimana kamu bisa mulai mengadopsinya.

Ketahui Dulu, Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Gaya hidup minimalis adalah filosofi di mana seseorang berusaha untuk menyederhanakan hidup mereka dengan mengurangi keinginan material dan fokus pada hal-hal yang penting. Ini tidak hanya tentang memiliki sedikit barang atau ruang kosong di rumah, tetapi juga tentang membebaskan diri dari beban emosional yang disebabkan oleh kepemilikan barang berlebihan. Ini tentang menemukan kebahagiaan dalam kesederhanaan, menghargai apa yang kamu miliki, dan membebaskan diri dari tekanan untuk terus-menerus memiliki lebih banyak.

Sebelum kita bahas lebih dalam soal gaya hidup minimalis, yuk, kita lihat dulu prinsip-prinsip yang dipegang teguh oleh orang Jepang. Prinsip-prinsip ini bisa jadi jalanmu menuju kehidupan yang lebih simple dan efisien.

Buang yang Bikin Ribet

Menurut orang Jepang, kuncinya tuh ada pada ngelepasin segala hal yang bikin hidup kita kacau atau ga bikin kita seneng. Itu bisa berupa kebiasaan yang bikin badan cape, makanan yang ga bermanfaat, atau hubungan yang bikin stres. Dengan ngilangin benda-benda atau kebiasaan yang bikin kita ga nyaman, kita bisa fokus pada hal-hal yang beneran penting buat kita.

Suka-suka Sama Kekosongan

Konsep ruang kosong itu penting banget dalam budaya Jepang, lho. Mereka ngerti banget bahwa ruang kosong bisa bikin sesuatu jadi lebih indah. Makanya, mereka ga ragu buat biarin ada ruang kosong di antara barang-barang dalam desain rumah atau seni mereka. Buat kita, penting juga nih buat ngeresapi bahwa kadang kekosongan itu bisa lebih berarti daripada barang-barang yang ga penting.

Prinsip Buang 80%

Konsep Danshari itu kayaknya jadi andalan mereka, deh. Jadi, orang Jepang itu punya prinsip buang-buangan yang ga penting, buat yang bener-bener ga dibutuhin aja. Ini membantu mereka buat punya lingkungan yang bersih, rapi, dan seimbang. Salah satu area di mana konsep ini bisa diterapin banget adalah di dapur. Cobain deh, buang barang-barang yang ga perlu, pasti dapurnya jadi lebih teratur.

Makan yang Perlu Saja

Makanan adalah energi buat tubuh kita, ya kan? Nah, orang Jepang paham banget soal pentingnya makanan yang beneran dibutuhkan tubuh. Dengan makan sesuai kebutuhan, kita bisa jaga kesehatan dan juga hindari pemborosan duit buat beli makanan yang ga penting.

Belanja yang Pintar

Orang Jepang ga tergoda buat borong barang-barang yang ga mereka butuhin. Mereka lebih milih buat belanja cuma barang yang bener-bener penting dan yang kualitasnya bagus. Ini berlaku buat pakaian, perabot rumah tangga, atau barang-barang lainnya. Dengan belanja yang cerdas, kita bisa hindari pemborosan dan pasti barang-barang kita juga bakal awet lebih lama.

Memanfaatkan Waktu Dengan Baik

Waktu tuh adalah aset yang berharga banget, lho. Orang Jepang ngerti banget soal pentingnya ngabisin waktu dengan benar. Mereka ga tergoda buat ngabisin waktu dengan hal-hal yang ga penting atau cuma buat main sosmed terus lupa waktu. Mereka lebih suka fokus pada interaksi sosial yang berarti sama orang-orang tersayang.

Terus, Gimana Kita Bisa Mulai Gaya Hidup Minimalis?

Jadi, bagaimana kamu bisa mulai mengadopsi gaya hidup minimalis? Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat kamu ambil:

1. Evaluasi Barang-Barang Kamu dengan Metode KonMari

Ketika membersihkan rumahmu, terapkan metode KonMari yang diajarkan oleh Marie Kondo. Metode ini merupakan metode yang berfokus menyingkirkan barang yang sudah tidak memiliki tujuan dan makna. Ambil satu per satu barangmu dan tanyakan pada dirimu sendiri, "Apakah barang ini masih membawa kebahagiaan atau manfaat bagi hidupku?" Jika tidak, pertimbangkan untuk membuangnya atau menyumbangkannya kepada yang membutuhkan. Ingat, fokuslah pada barang-barang yang benar-benar penting dan bermanfaat.

2. Bijak dalam Pengeluaran dengan 30-Day Rules

Sebelum membeli barang baru, terapkan aturan 30 hari. Tahan diri untuk tidak langsung membeli barang yang kamu inginkan. Berikan dirimu waktu selama 30 hari untuk mempertimbangkan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat. Ini membantu menghindari pembelian impulsif dan memastikan bahwa kamu hanya membeli barang yang benar-benar kamu perlukan.

3. Ciptakan Ruang Kosong dengan Teknik One In, One Out

Untuk menjaga agar rumah tetap rapi dan terorganisir, terapkan teknik One In, One Out. Artinya, setiap kali kamu membeli atau menerima barang baru, kamu harus mengeluarkan atau menyumbangkan satu barang yang sudah ada. Hal ini membantu menjaga agar jumlah barang tetap seimbang dan mencegah akumulasi barang yang tidak perlu.

4. Fokus pada Kualitas dengan Investasi Awal

Ketika membeli barang-barang baru, lebih baik untuk berinvestasi dalam kualitas yang baik daripada membeli barang murah yang cepat rusak. Misalnya, belilah sepatu dengan bahan dan konstruksi yang kokoh meskipun harganya lebih mahal, karena hal itu akan bertahan lebih lama dan menghemat uang dalam jangka panjang.

5. Manfaatkan Teknologi dengan Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Untuk membantu mengelola keuanganmu dengan lebih efisien, manfaatkan aplikasi pengelolaan keuangan yang dapat melacak pengeluaran, membuat anggaran, dan mengatur tabungan dengan lebih mudah dan praktis. Ini membantu kamu untuk lebih bijak dalam pengeluaran dan menciptakan kehidupan yang lebih minimalis secara finansial.

Gimana, Sob sudah ingin menjalankan gaya hidup minimalis? Kalau sudah, kamu bisa kepoin terus website doku.promo untuk memanfaatkan berbagai informasi dan promo menarik yang dapat mendukung gaya hidup minimalis. Semua promo tersebut spesial persembahan dari DOKU, perusahaan fintech pembayaran dan pionir payment gateway di tanah air bersama para merchant-merchantnya.

Share Gaya Hidup Minimalis: Cara Sederhana Menuju Kehidupan yang Lebih Tenang, Masa Sih Gak Tertarik?

DOKUPROMO
Categories
Topic
Ikuti DOKU Promo
Download DOKU e-Wallet

Syarat & Ketentuan  |  Kebijakan Privasi |  Bantuan

© 2016-2024 DOKUPROMO | Supported by DOKU: Perusahaan Teknologi Pembayaran, Pionir Payment Gateway.